Pengertian Bitcoin


Bitcoin (disingkat dengan BTC) adalah mata uang virtual yang dikembangkan pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Mata uang ini seperti halnya Rupiah atau Dollar, namun hanya tersedia di dunia digital.

Bitcoin sebagai mata uang mempunyai fitur sebagai berikut:

Transfer instan secara peer to peer.
Artinya bitcoin bisa dikirim langsung ke alamat tujuan tanpa server pusat. Berbeda dengan transfer uang antar rekening bank, uang yang ditransfer akan melalui satu bank terlebih dulu baru dikirim ke rekening tujuan. Sedangkan bitcoin bisa langsung dari pengirim ditujukan ke alamat penerima tanpa perantara manapun.

Transfer ke mana saja
Bitcoin bisa dikirimkan ke mana saja dengan sangat mudah dalam hitungan detik, kemanapun dan dimanapun yang Anda mau. Pengirim uang dengan bitcoin dapat dilakukan hanya dengan modal smartphone dan koneksi internet.

Bitcoin dikembangkan dengan idealisme bahwa mata uang yang baik tidak dikontrol oleh pemerintah atau bank sentral.  Konsep ini menarik bagi banyak orang. Mereka mulai menginvestasikan asset mereka dalam bentuk bitcoin. Bitcoin dipercayai akan menjadi mata uang dan komoditas universal sehingga harga akan terus melambung tinggi.

Pada saat artikel ini dibuat (7 Agustus 2017) 1 Bitcoin bernilai $3.212 US atau setara dengan Rp41.756.000,- (empat puluh satu juta tujuh ratus lima puluh enam ribu rupiah). Seperti mata uang konvensional lainnya, bitcoin juga memiliki satuhan pecahan yang lebih rendah. Pecahan paling rendah dari bitcoin dinamakan Satoshi (diberi nama sesuai dengan nama sang pencipta, Satoshi Nakamoto). Satu satoshi sama dengan 1/1.000.000.000 BTC (1 satoshi = 0,000000001 BTC).

Mendapatkan bitcoin bisa dilakukan dengan dua cara; pertama dengan membeli, yang ke-dua dengan cara menambang (Mining). Untuk cara menambang bitcoin gratis bisa Anda buka dan ikuti situs-situsnya pada artikel Mendapatkan Bitcoin Gratis.


Untuk menerima dan menyimpan bitcoin maka Anda harus memiliki Bitcoin Wallet (Dompet Bitcoin). Bitcoin Wallet (Dompet Bitcoin) adalah sarana, baik software maupun situs, yang berfungsi untuk menyimpan bitcoin baik yang didapatkan dari membeli maupun menambang.
Baca juga:
Demikian sedikit penjelasan mengenai Bitcoin, semoga bermanfaat.



Sumber referensi: blog.bitcoin.co.id

2 comments:

  1. Mohon petunjuknya min.. sy masih awam dgn bitcoin.. tp sy tertarik sekali mengenai bitcoin dn ingin ikut didalamnya.. yg mau sy tnyakan.. bagi kita yg ingin ikt dlm perdagangan bitcoin ini apakah aset kita atau uang yg kita transfer itu sesuai dgn hrga bitcoin dgn senilai 40jt sekian.. bgmn kalo yg kt transfer dibawah nilai itu.. mohon bimbingannya.. mksh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Met malam mas ronny, untuk memulai bisnis jual-beli BTC (biasa disebut trading, padahal sebenarnya berbeda dg trading) memang idealnya hrs memiliki minimal 1 BTC. Jika Anda ingin membeli saat ini otomatis jg sesuai dg harga btc sekarang yaitu 40jt sekian per BTC. Jika uang yg Anda keluarkan untuk membeli BTC saat itu kurang dari harga per BTC berarti Anda akan mendapatkan koin dalam bentuk Satoshi. Perbandingan 1 satoshi adalah 1/1.000.000.000 (seper satu milyar BTC. Jd misalnya harga BTC saat ini 40jt rupiah tp uang yg Anda transfer 20jt rupiah berarti Anda memiliki 500.000.000 (lima ratus juta) satoshi. Tp Anda jgn pesimis dl karena banyak situs yg menyediakam trading BTC dalam satuan satoshi, misalnya di bitcoin.co.id.
      Seperti itu kira2 gambarannya mas semoga dpt membantu. Terima kasih sdh berkunjung di blog saya.

      Delete

Berburu Dollar Gratis & Bitcoin Gratis Melalui Situs PTC (Paid To Click)

Situs Paid To Click (PTC), yang secara bahasa berarti dibayar untuk mengeklik, adalah suatu sistem pemasaran di Web dengan pengiklan me...